Intro to AKPER Helvetia Medan

Kampus Akper Helvetia

Selamat datang di Akademi Keperawatan Helvetia
Kampus : Jl. Pelita, Sei Mencirim, Medan Krio, Medan, Tel: (061) 77807506

INFORMASI UMUM AKADEMI KEPERAWATAN HELVETIA

AKPER HELVETIA telah akreditasi BAN-PT Peringkat B dengan Nomor : 013/BAN-PT/Ak-VII/Dpl-III/XI/2007 tanggal 09 Nopember 2007. Akademi Keperawatan Helvetia didirikan dengan tujuan mempersiapkan sumber daya manusia di bidang kesehatan khususnya tenaga ahli madya keperawatan, yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan kesehatan di Indonesia.AKPER HELVETIA MEDAN beralamat di Jl. Pelita Sei Mencirim Medan Krio, Telepon (061) 77807506, 8465779, 77860270. Fax No. (061) 8456681. E-Mail : info@helvetia.ac.id. AKPER HELVETIA menyelenggarakan Program Studi Keperawatan jenjang Diploma III.
Dalam pengelolaan AKPER HELVETIA menetapkan visi, misi, sasaran dan tujuan sbb:Visi Menghasilkan tenaga perawat yang profesional dan menguasai kompetensi di bidangnya. Misi a. Menyediakan sarana dan prasarana yang sangat memadai guna mendukung kelancaran proses belajar mengajar.b. Mempersiapkan dosen yang memiliki kemampuan akademik dan praktek untuk pengembangan kreativitas dalam penelitian kesehatan dan keperawatan.c. Menjalin kerjasama dengan instansi-instansi pelayanan kesehatan yang dikelola/milik pemerintah dan swasta sebagai lahan praktek mahasiswa dan pengabdian masyarakat. Tujuan. Tersedianya tenaga-tenaga Ahli Madya Keperawatan (Diploma III) yang profesional dengan memiliki pengetahuan serta keahlian di bidang kesehatan dan Keperawatan, untuk memenuhi kepentingan masyarakat dan pembangunan ; sehingga dapat bekerja pada system pembangunan kesehatan pada waktu kini dan masa datang dengan kompetensi sebagai tenaga professional bidang Keperawatan.b. Terciptanya Tenaga Kesehatan (khusus Ahli Madya Keperawatan) yang berjiwa Pancasila, Nasionalis, mampu dan cakap menyelesaikan masalah kesehatan, serta dapat berkompetisi di era globalisasi terutama dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan yang dilandasi iman dan taqwa.c. Tersedianya sumber daya organisasi pendidikan yang mendukung proses kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta pembangunan pribadi mahasiswa melalui teori maupun praktek.d. Memperkaya mutu pendidikan ilmu Keperawatan dengan menjalin kerjasama dengan institusi-institusi kesehatan milik pemerintah dan masyarakat.e. Sebagai perwujudan pengabdian masyarakat dalam pembangunan, melalui penyelenggaraan pendidikan nasional, khususnya dalam bidang pendidikan kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.Sejak didirikan tahun 1996 AKPER HELVETIA telah mengalami beberapa perkembangan yang cukup menggembirakan, yakni Akreditasi Program Studi Diploma-III Keperawatan. Rencana Strategis AKPER Helvetia tersebut diatas secara ringkas adalah sbb:1.  Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)

  1. Menyusun perencanaan jangka panjang pengembangan sumber daya manusia
  2. Mengembangkan jabatan dan pangkat akademis dosen.
  3. Mengembangkan kualitas SDM melalui studi lanjut, training, program sertifikasi dan training
  4. Meningkatkan kualitas rekruitmen SDM dengan memperhatikan latar belakang pendidikan, kemampuan akademik dan keseimbangan antara dosen yang tersedia dengan mahasiswa
  5. Meningkatkan kesejahteraan SDM
  6. Evaluasi rutin kinerja tenaga dosen dan administrasi.

2. Pengembangan Sarana dan Prasarana

  1. Memberikan prioritas bagi terpenuhinya sarana dan prasarana untuk proses belajar mengajar.
  2. Mengembangkan laboratorium penelitian sesuai kebutuhan kurikulum dan penelitian terapan
  3. Pengadaan laboartorium bahasa dan laboratorium penelitian terapan
  4. Efisiensi, produktivitas dan efisiensi penggunaan ruangan
  5. Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka persiapan bergabung dalam jaringan INHERENT

Jumlah ruangan yang tersedia relatif mencukupi sampai pada tahun kelima, namun demikian rencana penambahan ruangan akan tetap dilakukan, seperti ruang kuliah, ruang dosen, dan ruang tata usaha. Penambahan ruangan ini dan ruangan lainnya akan tetap berpedoman pada ketentuan pemerintah (seperti ruang kuliah 0,5 m² per mahasiswa), dan kecenderungan peningkatan jumlah mahasiswa per tahunnya. 3.  Peningkatan kualitas manajemen institusi

  1. Meningkatkan pendidikan dan pelatihan manajemen bagi pimpinan dan staf administrasi
  2. Melakukan evaluasi rutin terhadap Organisasi Tata Kerja untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi organisasi.
  3. Menyediakan sarana dan prasarana administrasi dengan teknologi terkini.
  4. Mengembangkan sistem evaluasi diri dan task force hibah kompetisi
  5. Mengembangan sistem manajemen mutu
  6. Meningkatkan fungsi unit monitoring dan evaluasi

4.  Peningkatan kualitas Sistem Informasi Insitusi

  1. Menyediakan secara bertahap sarana dan prasarana sistem informasi dengan teknologi terbaru sehingga mempermudah akses informasi pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan sistem informasi manajemen
  2. Menyediakan layanan internet dan intranet di dalam kampus
  3. Mengembangkan penguasaan teknologi informas di kalangan dosen dan pegawai

5.  Peningkatan dan Pengembangan Penyelenggaraan Pendidikan

  1. Meningkatkan kualitas mahasiswa baru dengan peningkatan jumlah pendaftar
  2. Meningkatkan mutu lulusan dengan memiliki kompetensi di bidang manajemen informatika dan komputer
  3. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan administrasi akademik
  4. Mengembangan kurikulum sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat industri.

Diperkirakan penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2008 / 2009 sekitar 60 orang untuk program D III Keperawatan. 6. Peningkatan kualitas Perpustakaan

  1. Meningkatkan secara bertahap ketersediaan bahan pustaka
  2. Mendorong minat membaca sivitas akademika.
  3. Mempersiapkan e-library

Pada tahun pertama telah tersedia buku dan referensi ilmiah serta umum di perpustakaan, dan diperkirakan pada tahun kesepuluh akan bertambah. 7.  Peningkatan kualitas penelitian terapan dan pengabdian masyarakat

  1. Meningkatkan motivasi penelitian terapan bagi dosen dan mahasiswa
  2. Membuka jurnal penelitian terapan
  3. Meningkatkan partisipasi dan kerjasama dalam jaringan penelitian

  1. Mengembangkan kepekaan sosial staf pengajar dan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat
  2. Mengembangkan komunikasi aktif dengan pihak eksternal, baik pemerintah maupun swasata
  3. Menerapkan IPTEK terapan untuk meningkatkan kualitas masyarakat pada umumnya

Target tahun 2007-2008, Bersamaan dengan peningkatan kualitas dan kuantitas sarana teknologi informasi dan komunikasi, AKPER Helvetia Medan sudah mempersiapkan resource yang akan mendukung jaringan Inherent.

Target tahun 2008-2010, diproyeksikan seluruh unit organisasi di Akademi Keperawatan Helvetia Medan sudah berjalan sesuai dengan prinsip dasar yang telah dirintis sejak tahun pertama dan kedua. Orientasi terhadap kualitas akademik diharapkan sudah menjadi budaya organisasi dikalangan dosen, pegawai, mahasiswa, dan pengelola atau yayasan. Sarana pendidikan diharapkan sudah lengkap tersedia dan telah terhubung ke jaringan Inherent yang akan menopang kelancaran kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian, kegiatan kemahasiswaan, dan berbagai kegiatan ilmiah lainnya.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa 5 tahun kedua sejak peralihan ijin Akademi Keperawatan Helvetia Medan kepada Dirjen Dikti, merupakan fase penerapan aplikasi dari profesionalisme, manajemen modern, kesiapan sarana pendidikan, struktur organisasi yang efisien dan efektif, yang secara keseluruhan akan memunculkan budaya organisasi yang berorientasi pada kualitas akademik.

Berdasarkan rancangan ini, maka diharapkan para alumni Akademi Keperawatan Helvetia Medan dapat memenuhi standar kualitas SDM yang diperlukan untuk pengembangan ilmu kesehatan masyarakat, teknologi kesehatan, dan tenaga profesional yang dikehendaki sektor pembangunan kesehatan masyarakat sesuai jenis dan jenjang pendidikan yang dipilih alumni yang bersangkutan.