Pelatihan Wirausaha Dasar

PELATIHAN MANAJEMEN DASAR BISNIS DALAM PROGRAM MATCHING FUND KEDAIREKA INSTITUT KESEHATAN HELVETIA TAHUN 2022

 

Medan, 22-23 September 2022 Institut Kesehatan Helvetia melaksanakan kegiatan Pelatihan Manajemen dasar Bisnis sebagai lanjutan kegiatan Kedaireka Matching Fund Kedaireka Tahun 2022. Kegiatan berlangsung di Hotel Grand Kanaya Medan, menghadirkan 20 orang Kader Posyandu yang dibina dari 10 Posyandu, Bersama dengan 10 mahasiswa pendamping dan 10 tenaga pendamping bisnis.

Pembukaan acara dihadiri langsung Kepala Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Medan dr. Rugun. Dalam sambutannya dr. Rugun menaruh apresiasi positif dan menunggu perkembangan program ini kedepan, karena belum ada intervensi pada kader Posyandu terkait wirausaha dan pendampingan penggunaan aplikasi deteksi dini dini Stunting. “Kita menunggu perkembangan program kegiatan ini guna mendukung pencapaian Kolaborasi Medan Berkah” imbuh dr. Rugun.

 

Acara dibuka langsung oleh Rektor Institut Kesehatan Helvetia Dr.H.Ismail Efendy, M.Si. Rektor menyambut positif sambutan dari dinas Kesehatan Medan dan berjanji akan mengoptimalkan proses pendampingan ini, dan akan berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Medan untuk sharing perkembangannya.

 

Pelatihan dipandu langsung oleh fasilitator yang merupakan tim Matching Fund (MF) Kedaireka Inkes Helvetia yang pada pelatihan ini dikordinir oleh Dahrul Siregar. Tak luput pula ketua tim MF Inkes Helvetia Roni gunawan, anggota Dian Maya sari, Asrul turut memandu jalannya pelatihan selama 2 hari bagi kader Posyandu.

Sementara itu narasumber-narasumber yang diundang mayoritas berasal dari Praktisi bisnis langsung, dan juga dari akademisi. Materi-materi yang dibahas antara lain kewirausahan Sosial, Segmentasi pasar, Teknologi produksi, Perhitungan Harga Pokok Produksi, Salesmanship, Business Model Canvas.

Pelatihan ini diharapkan menjadi modal dasar yang dapat digunakan kader dalam menjalani bisnis/wirausaha pada posyandu masing-masing.Pelatihan ini hanya Sebatas stimulus, untuk realisasinya secara intensif akan didampingi oleh tenaga pendamping bisnis dan juga mahasiswa pendamping.