FGD Pembentukan Wirausaha

FOCUS GROUP DISCUSSION PEMBENTUKAN WIRAUSAHA KADER POSYANDU DALAM PROGRAM MATCHING FUND KEDAIREKA INSTITUT KESEHATAN HELVETIA TAHUN 2022

 

Institut Kesehatan Helvetia melalui Program Matching Fund Kedaireka Kemdikbudristek kembai melanjutkan rangkaian kegiatan pada tahun 2022 ini. Kurang lebih selama hampir 2 minggu ketua tim Matching Fund (MF) Institut Kesehatan Helvetia Roni Gunawan memandu berlangsungnya FGD secara marathon pada 10 Posyandu yang menjadi sasaran penerima manfaat kegiatan.

Bersama Mahasaiswa dan tenaga pendamping, tim MF diskusi terbatas untuk menentukan jenis produk/usaha yang akan dijalankan oleh Posyandu sebagai bisnis Bersama kader Posyandu. FGD pertama kali dilaksanakan pada 29 Agustus 2022 di Posyandu Mawar Pangkalan Mansyur Medan Johor. Kader terlihat antusias ditandai dengan banyaknya ide produk usaha yang akan dijalankan. Pada akhir diskusi kader menyepakati produk utamanya adalah es lilin, dengan produk tmbahan lainnya keripik kue kebab dan reseller kosmetik.

 

 

Kemudian pada hari berikutnya 30 Agustus 2022 berlanjut FGD dilakukan di Posyandu Desa Sidodadi Kecamatan Batang Kuis Deli Serdang. Ketua tim bersama pendamping dan mahasiswa memandu jalannya FGd pasca pelaksanaan imunisasi. Hasil FGD menyepakati produk yang diproduksi adalah Ifu Mie Cryspi. Pada hari berikutnya, 31 Agustus 2022 kegiatan FGD berlangsung di Posyandu Lavender Kelurahan Harjosari II kecamatan Medan Amplas. Kader Posyandu menyepakati bersama produk yang akan dijual adalah keripik ubi dan beteng-beteng.

 

 

Posyandu berikutnya adalah Posyandu di Kelurahan Tanah 600 Kecamatan Medan Marelan. Seluruh kader menyepakati untuk memproduksi frozen food, khususnya adalah risol beku dan juga siap saji. Kegiatan berlangsung tanggal 01 September 2022. Pada tanggal 02 September 2022 FGD berlangsung di Desa Tembung, kegiatan dipandu oleh Dahrul Siregar dan Roni Gunawan menghasilkan kesepakatan untuk menghasilkan produk peyek kacang dan stik keju.

FGD berikutnya berlangsung tanggal 05 September 2022 di Posyandu Mawar Tanjug Gusta, kader sepakat Bersama menghasilkan produk peyek kacang dan turunan kacang lainnya. Kemudian tanggal 06 September 2022 dihadiri langsung oleh Kepala Dusun, di Desa Helvetia Sunggal kader sepakat menghasilkan produk stik kue bawang mengingat pengalaman kader pernah menjadi karyawan produk sejenis, sheingga mereka semakin kuat menghasilkan prodk kue bawang ini.

Posyandu berikutnya adalah Posyandu Daun di Sidomulyo Kecamatan Stabat berlangsung tanggal 07 September 2022. Kader Posyandu sepakat untuk menghasilkan produk utama kue bawang dan keripik pisang. Posyandu ke Sembilan dalam pelaksanaan FGD ini berlangsung di Posyandu Rangkaian Melati tanggal 08 September 2022. Kader sepakat Bersama menghasilkan produk bolu kukus. Kemudian Posyandu terakhir berlangsung FGD tanggal 09 September 2022 di Posyandu Mawar Desa Sambirejo Langkat. Kader-kader sepakat untuk menghasilkan produk Peyek kue bawang.

Pelaksanaan Posyandu di pandu oleh tim dan pendamping diikuti juga oleh mahasiswa. Kader-kader diminta pendapatnya secara sukarela. Kader-kader juga menyepakati untuk tahap pertama mulai produksi dengan sumber daya produksi, kemudian setelah berhasil memproduksi tim MF Institut Kesehatan Helvetia akan memberikan peralatan produksi/mesin untuk produksi tahap pendampingan. Pada tahap pendampingan program ini kader juga akan dibantu terkait manajemen bisnisnya agar mampu menghasilkan omset.