TOT PENDAMPING MAHASISWA KADER POSYANDU MATCHING FUND 2022

TRAINING OF TRAINER TENAGA PENDAMPING MAHASISWA UNTUK KADER POSYANDU DALAM PROGRAM MATCHING FUND KEDAIREKA INSTITUT KESEHATAN HELVETIA TAHUN 2022

Medan, 24 Agustus 2022, Institut Kesehatan Helvetia menyelenggarakan sebuah kegiatan Program Matching Fund Kedaireka Institut Kesehatan Helvetia Tahun 2022. Kegiatan bertajuk Training Of Trainer Tenaga Pendamping Mahasiswa Untuk Kader Posyandu maerupakan rangkaian kegiatan dalam program Kedaireka Kemdikbud Ristek Tahun 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga pendamping yang terdiri atas 10 mahasiswa dan 10 pendamping dalam mendampingi 10 Posyandu dalam penguatan penggunaan Aplikasi Mbayu, sekaligus menguatkan kewirausahaan Posyandu.

Acara pembukaan dihadiri langsung oleh perwakilan institusi yang berkolaborasi dalam kegiatan ini, hadir Dekan FEB Universitas Medan Area, Ahmad Rafiki, BBA (Hons), MMgt, Ph.D, CIMA. Pada kesempatan ini beliau turut mmemberi sambutan dan turut bangga diajak berkolaborasi dalam program ini. Hadir pula Mitra kegiatan Shivi Almas yang merupakan mitra dalam penguatan kerjasama ini. Acara dibuka langsung oleh Rektor Institut Kesehatan Helvetia, Dr. H.Ismail Effendy, M.Si yang merasa senang atas kolaborasi yang positif ini dalam upaya berpartisipasi dalam pembangunan Kesehatan, khususnya dalam penanganan Stunting.

 

 

Ketua tim pengusul yang merupakan Dosen InstitutKesehatan Helvetia, Roni Gunawan menjadi fasilitator pelatihan TOT ini menyampaikan orientasi kepada seluruh peserta terkait target dan tujuan pendampingan. Dalam orientasi tersebut sebanyak 10 mahasiswa yang terlibat berasal dari program studi Gizi dan Ilmu Kesehatan masyarakat FKM Institut Kesehatan Helvetia akan mendampingi 10 Posyandu yang tersebar di Medan, Deli Serdang dan Langkat. Fokus pendampingan adalah penguatan Posyandu dalam penggunaan Aplikasi deteksi dini, penyelenggaraan Posyandu yang baik, pelaksanaan Posyandu setiap bulan, serta turut mendampingi kewirausahaan kader Posyandu Bersama pendamping khusus wirausaha. Sementara itu 10 pendamping usaha merupakan alumni dari Institut Kesehatan Helvetia, Universita Medan Area yang berprofesi sebagai pelaku usaha, ditambah praktisi usaha dan inkubasi bisnis.

 

 

Kegiatan yang dilaksanakan di Swissbell Hotel tersebut berlangsung selama 3 hari sampai tanggal 26 Agustus 2022 menyajikan beberapa materi yang penyajiannya bersifat parisipatif. Narasumber berasal dari praktisi NGO, akademisi, praktisi usaha yang secara prinsip akan menyampain materi-materi yang menguatkan proses pendampingan pada kader Posyandu selama 3-4 bulan kedepan.

Konten yang dibahas terkait dengan prinsip-prinsip pendampingan masyarakat, pengukuran status gizi, kewirausahaan dasar,tata laksana Posyandu, dan lain-lain. Targetnya adalah memberikan pemahaman yang integral pada pendamping-pendamping yang akan turut membantu tim Kedaireka Institut Kesehatan Helvetia dalam penguatan program ini.

Pada akhir kegiatan ini, disepakati Bersama pembagian wilayah dampingan yang akan menjadi lokus pendampingan, sehingga setiap Posyandu akan didampingi satu orang mahasiswa dan satu orang pendamping kewirausahaan. Mahasiswa selain bisa belajar dan berpraktik terkait POsyandu, mereka juga dapa tmemahami seluk belum membangun sebuah bisnis dan mengembangkannya. Hal ini merupakan bagian dari upaya Rekognisi yang dilakukan dalam program kegiatan ini guna mencapai IKU 2 pada Institut Kesehatan Helvetia.