Sarjana Psikologi (S1 Psikologi Gelar S.Psi)

1.  Latar Belakang

Download Brosur S1 Psikologi Icon of Brosur-Psikologi Brosur-Psikologi (1.0 MiB)

AKREDITASI KEMENRISTEK DIKTISeiring dengan perkembangan ekonomi dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi yang begitu pesat, maka pertumbuhan kesempatan kerja di era globalisasi saat ini membutuhkan tenaga kerja yang memiliki tingkat keahlian yang tinggi. Peminatan pasar kerja yang semakin besar terhadap sumber dayamanusia yang berkualitas dan berkompetensi dengan tingkat keahlian yang tinggi merupakan suatu tantangan bagi perguruan tinggi untuk mengahsilkan sarjana professional serta memiliki potensi dan kompetensi berkeahlian tinggi, peka dan tanggap terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu mengisi peluang kerja yang tersedia.

Psikolog adalah seorang ahli dalam bidang praktik psikologi, bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental. Psikolog dapat dikategorikan ke dalam beberapa bidang tersendiri sesuai dengan cabang ilmu psikologi yang ditekuninya, misalnya Psikolog klinis, psikolog pendidikan, dan psikolog industri. Tetapi kata “psikolog” lebih sering digunakan untuk menyebut ahli psikologi klinis, ahli psikologi di bidang kesehatan mental. Psikolog di Indonesia tergabung dalam organisasi profesi bernama (HIMPSI Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI).

Profesi seorang psikolog sedikit berbeda dengan seorang psikiater yang menyelidiki penyebab gejala psikologi dari sisi medis dan dari sisi kelainan susunan saraf para penderita penyakit jiwa. Sementara psikolog menyelidiki penyebab gejala psikologi dari sisi non-medis seperti pola asuh, susunan keluarga, tumbuh kembang masa kanak-kanak hingga dewasa, dan pengaruh lingkungan sosial. Jadi pada prinsipnya secara teknis pendidikan seorang psikiater adalah seorang dokter yang mengambil spesialisasi penyakit jiwa.Sedangkan Psikolog yang mempunyai tugas sebagai ahli konseling.

Arah Bidang Ilmu yang dikembangkan Prodi Psikologi Institut Kesehatan Helvetia disusun dengan menggabungkan arah kebijakan keilmuan dan profil lulusan Prodi Psikologi Universitas Gadjah Mada, dengan pengembangan khusus yakni pengembangan Psikologi komperehensif yaitu gabungan beberapa keilmuan psikologi (psikologi klinis, psikologi pendidikan, psikologi industry dan organisasi dan psikologi sosial. Dengan perpaduan beberapa kajian Psikologi yang mendasarkan pada konsep sustainable development yang belum dikembangkan di Indonesia)

Pertumbuhan penduduk Indonesia dan peningkatan kualitas hidup masyarakat merupakan potensi yang besar terhadap kebutuhan pelayanan kesehatan yang lebih baik dalam dan luar negeri. Tenaga Sarjana Psikologi di Indonesia sebagai salah satu unsur kekuatan pembangunan nasional di bidang kesehatan mempunyai hak, kewajiban dan tanggung jawab yang sama dengan unsur-unsur kekuatan pembangunan lainnya dalam mewujudkan tujuan nasional, khususnya dibidang yang berkaitan dengan profesinya meningkatkan peran sertanya secara aktif, terarah dan terpadu bagi pembangunan nasional sebagai tenaga fungsional sarjana Psikologi. Dilihat dari rasio tenaga kesehatan dengan jumlah penduduk maka dapat diproyeksikan bahwa kebutuhan tenaga kesehatan di Kota Medan  Sumatera Utara masih jauh dari standar ideal nasional.

Dengan komposisi penduduk yang mayoritas adalah kelompok usia produktif dan anak, maka tantangan ke depan adalah penyediaan lapangan kerja yang seluas-luasnya, namun kondisi saat ini peluang kerja dalam negeri sangat terbatas, oleh karena itu perlu diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk meningkatkan kompetensi diri melalui jenjang pendidikan agar bisa bersaing di pasar kerja. Keterbatasan pasar kerja di dalam negeri harus disikapi dengan upaya mencari terobosan untuk pembekalan terhadap tenaga kerja, termasuk salah satunya adalah tenaga Sarjana Psikologi.

2.  Visi

Sesuai dengan rumusan visi dan misi Institut Kesehatan Helvetia maka rumusan Visi dari program studi S1 Psikologi yaitu, Menjadi program studi Psikologi Klinik unggulan melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi teknologi dengan tetap menjunjung tinggi nilai kepribadian bangsa yang menjadi acuan standar nasional dan memiliki jiwa kewirausahaan.

3.  Misi dan Tujuan Program Studi

2.1. Misi

Misi dari Program Studi Psikologi (Jenjang S1) Institut Kesehatan Helvetia Adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran dan bimbingan secara efektif untuk menghasilkan lulusan di bidang Psikologi yang berkepribadian, cerdas, mandiri dan berbudaya serta berwawasan kewirausahaan,
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat tepat guna, dan berkelanjutan yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran serta mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang psikologi,
  3. Mengembangkan budaya profesional dalam mengelola sumberdaya perguruan tinggi,
  4. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai institusi nasional, regional dan internasional dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi.

2.2. Tujuan Penyelenggaraan

Tujuan utama pendidikan Program Studi Psikologi (Jenjang Sarjana) Institut Kesehatan Helvetia disusun untuk mendukung Visi Program Studi antara lain :

  1. Menghasilkan lulusan psikologi yang berkepribadian, cerdas, mandiri dan berbudaya yang berwawasan kewirausahaan untuk memenuhi kebutuhan tenaga bidang keahlian psikologi.
  2. Menghasilkan pemikiran, hasil kajian dan penelitian bidang psikologi yang berkualitas untuk pengembangan ilmu dan pendidikan bidang keahlian psikologi.
  3. Memberikan pelayanan jasa psikologi kepada masyarakat dalam rangka pemberdayaan pemandirian dan penyehatan masyarakat
  4. Melahirkan pemimpin kreatif, inovatif dan inklusif dan berpandangan luas dalam bidang Psikologi
  5. Mengembangkan kemampuan institusi untuk mendukung pengembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial dan budaya, dan pendidikan di daerah dan lingkungan sekitarnya dengan berperan sebagai lembaga keilmuan  psikologi yang  secara akademik kuat, kritis, kreatif,  mandiri dan  memiliki   moral akademik dan moral sosial yang dihargai dan diakui masyarakat.
Brosur-Psikologi
Brosur-Psikologi
Brosur-Psikologi.jpg
1.0 MiB
138 Downloads
Details