Sarjana Administrasi Rumah Sakit Konsentrasi Rekam Medik

1.  Latar Belakang

Download Brosur S1 ARS-Rekam Medik Icon of Brosur-S1-ARS Brosur-S1-ARS (1.0 MiB)

AKREDITASI KEMENRISTEK DIKTIAdministrasi Rumah Sakit merupakan sebuah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan mampu mengembangkan mutu dan pelayanan rumah sakit, klinik puskesmas dan berbagai layanan kesehatan. Para lulusan diharapkan dapat bekerja menjadi tenaga Administrasi Rumah Sakit, Rekam Medik, dan Quality Control pada berbagai industri pelayanan kesehatan. Tenaga Administrasi Rumah Sakit proaktif berinteraksi dengan pasien/klien, keluarga dan tenaga kesehatan lain dalam proses menilai dan menetapkan tujuan dan sasaran yang disepakati bersama dalam pengembangan mutu layanan di sarana kesehatan dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang unik  yang dimiliki Sarjana Administrasi Rumah Sakit.

Prodi S-1 Administrasi Rumah Sakit mempunyai posisi yang sangat penting terhadap bidang ilmu yang lain, baik ilmu-ilmu basic science untuk memperkuat riset tentang pengobatan maupun untuk ilmu terapan seperti dunia kesehatan dan kedokteran yang sangat tergantung pada pengkajian dan pengembangan dunia pengobatan. Pelayanan kesehatan dan pengobatan menjadi begitu sangat penting di mana kehadiran pelayanan kesehatan, terutama pengobatan merupakan sebuah keniscayaan.

Pada posisi ini, peran pelayanan kesehatan tentang pengobatan bergeser menjadi salah satu unsur yang menentukan keunggulan kompetitif (competitive advantage). Prodi S-1 Administrasi Rumah Sakit yang berfokus pada bahan kajian di bidang mutu layanan rekam medik, dikaitkan langsung dengan aspek penerapan ke arah pelayanan kesehatan,  kedokteran, kebidanan, keperawata, dan kefarmasian. Berangkat dari fokus bahan kajian di bidang sains dan kesehatan, kurikulum jurusan Administrasi Rumah Sakit disusun dengan dasar ilmu kimia, fisika, biologi, manajemen, dan sistem informasi. Pondasi ilmu sains diberikan melalui mata kuliah dasar tersebut hanya sekitar 10%, selebihnya adalah matakuliah spesifik yang tidak dipunyai oleh jurusan mana pun karena Administrasi Rumah Sakit adalah sebuah ilmu yang mencetak tenaga profesi di bidang kesehatan yang berbeda juga dengan ilmu kedokteran ataupun ilmu kesehatan yang lain.

Arah Bidang Ilmu yang dikembangkan Prodi Administrasi Rumah Sakit Institut Kesehatan Helvetia disusun dengan pengembangan khusus yakni pengembangan Administrasi Rumah Sakit dengan Kompetensi Rekam Medik. Dengan perpaduan beberapa sumber tersebut maka arah bidang kelimuan Administrasi Rumah Sakit Institut Kesehatan Helvetia adalah: Terdapat empat aspek yang menjadi dasar pengembangan keilmuan dan spesifikasi Administrasi Rumah Sakit Institut Kesehatan Helvetia, yaitu; 1) kajian dibidang pelayanan rekam medik; 2) kajian produksi dan kontrol kualitas Rumah Sakit dari segala aspek; 3) kajian dibidang analisis pelayanan Rumah Sakit; 4) kajian Administrasi Rumah Sakit yang mendasarkan pada konsep sustainable development yang belum dikembangkan di Indonesia).

2.  Visi

Sesuai dengan rumusan visi dan misi Institut Kesehatan Helvetia maka rumusan Visi dari program studi S1 Administrasi Rumah Sakit yaitu, Menjadi Institut Yang Maju, Terkemuka di bidang Kesehatan guna mendukung Visi Indonesia 2020”, maka dirumuskanlah Visi dari program studi S1 Administrasi Rumah Sakit yaitu, “Menjadi program studi administrasi rumah sakit berbasis research yang menjadi acuan standar nasional dan memiliki jiwa kewirausahaan.

3.  Misi dan Tujuan Program Studi

2.1. Misi

Misi dari Program Studi Administrasi Rumah Sakit Konsentrasi Rekam Medik (Jenjang S1) Institut Kesehatan Helvetia Adalah:

  1. Mengembangkan ilmu administrasi rumah sakit dengan konsentrasi rekam medik yang didukung teknologi handal demi meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan
  2. Memperkuat dan mendorong pengembangan diri untuk menjadi pemimpin yang kreatif, inovatif dan inklusif dan berpandang luas dibidang administrasi rumah sakit
  3. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, tepat guna, dan berkelanjutan
  4. Mengembangkan budaya profesiaonali dalam mengelola sumberdaya perguruan tinggi
  5. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai institusi nasional, regional dan internasional dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi.

2.2. Tujuan Penyelenggaraan

Tujuan utama pendidikan Program  Administrasi Rumah Sakit Konsentrasi Rekam Medik (Jenjang Sarjana) Institut Kesehatan Helvetia disusun untuk mendukung Visi Program Studi antara lain :

  1. Menyelenggarakan program studi Administrasi Rumah Sakit yang mempunyai standar kompetensi administrasi rekam medik terstandar dan terbaik
  2. Melahirkan pemimpin kreatif, inovatif dan inklusif dan berpandang luas dalam bidang Administrasi Rumah Sakit
  3. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, tepat guna, dan berkelanjutan serta berguna bagi pengembangan pelayanan kesehatan
  4. Mengembangkan budaya profesiaonal dalam mengelola sumberdaya perguruan tinggi
  5. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai institusi nasional, regional dan internasional dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi.
Brosur-S1-ARS
Brosur-S1-ARS
Brosur-S1-ARS.jpg
1.0 MiB
252 Downloads
Details