Visi Misi STIKes Helvetia

A. VISI INSTITUSI STIKes Helvetia

“Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi di Bidang Ilmu Kesehatan yang Unggul di Tingkat Nasional”

B. MISI INSTITUSI STIKes Helvetia

  1. Menyelenggarakan pendidikan kesehatan masyarakat, farmasi, dan bidan pendidik yang berbasis permasalahan (problem base learning), sehingga menghasilkan lulusan yang profesional di tingkat nasional.
  2. Menyelenggarakan pengelolaan lembaga pendidikan tinggi berdasarkan asas tata pamong yang baik (good governance) dan akuntabilitas.
  3. Menyelenggarakan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan masyarakat, farmasi, dan bidan pendidik.
  4. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan pengabdian di bidang kesehatan masyarakat, farmasi dan bidan pendidik melalui publikasi Internet (digital library) dan pertemuan-pertemuan ilmiah di tingkat nasional.
  5. Menerapkan hasil-hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan kontribusi pada pembangunan kesehatan di tingkat nasional.
  6. Melakukan kerja sama dan kemitraan dengan pemangku kepentingan stakeholder (masyarakat, pemerintah, swasta, alumni) dalam meningkatkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian di tingkat nasional dan internasional.

C. VISI PROGRAM STUDI IKM

“Menghasilkan tenaga kesehatan masyarakat yang proaktif dan inovatif serta mampu menyelesaikan masalah kesehatan di Indonesia”.

D. MISI PROGRAM STUDI IKM

Berangkat dari kedudukan misi sebagai pernyataan tentang cara untuk mencapai visi maka dikembangkan dari tiga kata kunci yaitu misi pendidikan, pengkajian(penelitian) dan profesionalitas yaitu:

  • Menyelenggarakan pendidikan sarjana dalam pengembangan Ilmu Kesehatan yang handal dan kompetetif dalam memahami masalah Kesehatan Masyarakat.
  • Menyelenggarakan pengkajian melalui penelitian dosen dan mahasiswa dalam topik masalah Kesehatan Masyarakat, yang dapat membantu memahami dan memecahkan masalah kesehatan berbasis masyarakat.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan Ilmu Kesehatan Masyarakat secara profesional untuk melaksanakan  progaram promotif dan reventif dalam meningkatkan status kesehatan dimasyarakat.

E. VISI PROGRAM STUDI FARMASI

“Menghasilkan tenaga farmasi yang professional dan menguasai kompetensi di bidang farmasi”.

F. MISI PROGRAM STUDI FARMASI

Berangkat dari kedudukan misi sebagai pernyataan tentang cara untuk mencapai visi maka dikembangkan dari tiga kata kunci yaitu misi pendidikan, pengkajian(penelitian) dan profesionalitas yaitu:

1. Menyediakan sarana dan prasarana yang sangat memadai guna mendukung kelancaran proses belajar mengajar dan pengembangan Ilmu Farmasi yang handal dan kompetitif..

2. Mempersiapkan dosen yang memiliki kemampuan akademik dan praktek guna mendorong terselenggaranya pengkajian ilmiah melalui penelitian dosen dan mahasiswa dalam topik ilmu farmasi.

3. Menjalin kerjasama dengan instansi-instansi pelayanan kesehatan dan farmasi yang dikelola/milik pemerintah dan masyarakat sebagai lahan praktek mahasiswa dan pengabdian masyarakat.

G. VISI PROGRAM STUDI D-IV BIDAN PENDIDIK

Menghasilkan bidan pendidik yang memiliki wawasan yang holistic dan komprehensif dalam asuhan kebidanan dan mampu melaksanakan transfer ilmu kebidanan.

H. MISI PROGRAM STUDI D-IV BIDAN PENDIDIK

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan bidan yang berkualitas dan mampu membentuk tenaga pengajar yang berkualitas untuk meningkatkan mutu lulusan kebidanan.
  2. Melaksanakan pengembangan pendidikan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
  3. Meningkatkan kerjasama dengan unit pelayanan kesehatan khususnya kebidanan serta perguruan tinggi lainnya yang terkait dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan kebidanan.