Gubernur Sumatara Utara H. Edy Rahmayadi Resmikan Fakultas Kedokteran INSTITUT KESEHATAN HELVETIA

Institut Kesehatan Helvetia merupakan Institut Kesehatan Pertama dan Tertua di Sumatera Utara yang menyelenggarakan Pendidikan Kesehatan dan menaungi 5 rumah sakit yang telah banyak melahirkan SDM-SDM Kesehatan khususnya di Sumatera Utara. Dalam rangka pengembangan dan mempertahankan eksistensinya menjadi Institusi yang telah memiliki dua Fakultas yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Farmasi dan Kesehatan ini tidak berhenti begitu saja, melirik kepada peluang yang diberikan oleh Pemerintah melalui Kemenristekdikti yang telah membuka Moratorium Program Studi Kedokteran dan Profesi Dokter kini telah mengantongi Izin Pendirian Program Studi Kedokteran dan Profesi Dokter sebagai Institusi ke Lima yang berhasil memeroleh Izin tersebut.
Secara resmi Penyerahan SK Izin diserahkan oleh Kepala Lembaga LLDIKTI Wilayah-I Dr. Syaiful Matondang (gelarnya) dan disaksikan langsung oleh Direktur Kelembagaan Dr. Lukman, ST, M. Hum, Fakultas Kedokteran diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Ramayadi.
Gubernur menyampaikan bahwa Institut Kesehatan Helvetia menjadi salah satu Institusi Pendidikan Kesehatan yang dibanggakan oleh Sumatera Utara, mampu menghasilkan Dokter yang berkompeten serta memiliki kejujuran dan mengedepankan kepentingan masyarakat.

Rektor Institut Kesehatan Helvetia Medan Ismail Efendy mengatakan bahwa berdirinya Fakultas Kedokteran di Institut Kesehatan Helvetia ini merupakan cita-cita pembina Yayasan Razia Begum yang juga seorang dokter yang ingin berkontribusi terhadap pemenuhan kekurangan jumlah Dokter di Indonesia khususnya di Sumatera Utara dengan keunggulan Penyakit Kronis Lansia sebagai kompetensi tambahan yang wajib dimiliki oleh Lulusannya kelak. Sebagai bentuk komitmen Institusi memberikan kontribusi terbaik, maka seluruh Lulusan Dokter akan dapat merasakan pula Praktik serta memiliki peluang bekerja pada kelima rumah sakit di bawah naungan Yayasan Helvetia.